Tradisi yang digunakan masyarakat satu dan lainya memamang memiliki perbedaan, dan hal ini juga berlaku dalam penggunaan cincin tunangan sebelum menuju jenjang baru yang lebih tinggi yaitu pernikahan. Proses pertunangan masyarakat satu dan lainnya biasanya memiliki penyebutan yang berbeda-beda, tergantung dari adat-istiadat dan juga agam yang yang dianut oleh pasangan tersebut.

Penggunaan cincin tunangan biasanya disematkan pada jari manis tangan sebelah kiri, namun juga ada orang yang menggunakannya di jari manis bagian kiri. Kenapa ada orang yang menggunakan cincin tunangan di jari manis tangan dan ada juga ditangan kanan? Nah berikut penjelasannya.

Penggunaan cincin di jari manis kanan, apakah tunangan??

Penggunaan cincin dalam prosesi pernikahan biasanya dilakukan pada jari manis tangan kiri dengan adanya kepercayaan bahwa pada jari manis tangan kiri ada sebuah pembuluh darah yang terhubung dengan hati. Sedangkan untuk penggunaan cincin tunangan di jari tangan kanan merupakan hati wanita itu telah dimiliki oleh seseorang yang memberikan cincin tersebut.

penjalasan-penggunaan-cincin-tunangan-di-jari-kanan-dan-kiri-1

Namun perlu kamu ketahui bahwa penggunaan cincin tunangan dijari manis tangan kanan tidak selalu memiliki arti yang demikian, dengan banyaknya wanita yang sudah memiliki penghasilan sendiri, mereka biasanya akan menggunakan cincin pembeliannya sendiri di jari tangan kanan sebagai sebuah simbol kebanggaan terhadap apa yang telah mereka raih.

Selain itu penggunaan cincin tunangan di jari manis bagian kanan juga biasa dilakukan oleh pasangan Monogami, ini adalah mereka yang berhubungan sesama jenis seperti lesby dan gay. Jika kamu berkunjung ke negara yang memang sudah melegalkan pernikahan sesama jenis, mungkin kamu akan dengan mudah menjumpai hal demikian. Dinegara seperti ini, penggunaan cincin di jari tangan kanan selalu diidentikan dengan lesby dan gay.

Namun kamu jangan terlalu mudah menjugde orang dengan hal demikian ya, bisa jadi penggunaan cincin tunangan dijari tangan kanan ini juga karena faktor lain, misalkan pasangan tersebut kidal, sehingga untuk menjaganya mereka akan menggunakannya dijari bagian kanan.

Lalu bagaimana dengan cincin tunangan dijari kiri?

Beberapa orang yang mengunakan cincin pernikahan atau tunangan di jari manis bagian kiri mungkin percaya dengan sebuah mitos Romawi kuno dimana jari manis bagian kiri terdapat sebuah pembuluh darah yang langsung terhubung dengan hati. Seperti yang kita ketahui, hati memiliki kaitan erat dengan cinta, maka dari itu mereka menggunakannya di jari manis bagian kiri. Namun ini hanyalah sebuah mitos, dalam kenyataanya tidak ada yang demikian.

Penjelasan lain tentang penggunaan cincin pernikahan dijari manis bagian kiri ini karena kabanyakan orang selalu bekerja dengan menggunakan tangan kanan. Jika cinci tersebut digunakan dijari kanan, tentu saja resiko terjadinya kerusakan akan semakin besar. Dengan digunakan pada jari bagian kiri ini diharapkan cincin akan lebih awet dan tahan lama.

Tidak hanya itu saja, beberapa alasan lain juga ada yang mengungkapkan alasan penggunaan cincin tunangan karena biasanya dalam prosesi pernikahan yang berlangsung digereja seorang pengantin pria akan melantunkan beberap doa dengan menyebut “atas nama Bapa” bersamaaan dengan mengarahkan ke ibu jari, “putra” ke jari bagian telunjuk, “Roh Kudus” kejari tengah dan “amin” kejari manis.

Nah itulah beberapa alasan yang menyertai kenapa cincin tunangan digunakan dijari manis bagian kiri atau kanan. Terlepas dari hal ini, sepertinya penggunaan cincin dijari bagian kanan maupun kiri ini tergantung kepercayaan dan selera masing-masing pribadi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s