Harga berlian menjadi sebuah informasi yang berharga untuk didapatkan. Sama berharganya dengan jenis perhiasan yang diinformasikan. Sudah identik di tengah masyarakat jika berlian dijual dengan harga mahal. Meskipun kualitasnya rendah, tetaplah harganya masih terlalu tinggi. Hal seperti itu berlaku dan biasanya dipersepsikan oleh mereka yang berada di kelas ekonomi menengah ke bawah. Berbeda dengan para penghuni kelas menengah ke atas yang menyebut diri mereka orang kaya, borjouis, sosialita, jutawan, milyader, atau apapun sebutannya. Tentu saja mereka tidak mempermasalahkan harga dari perhiasan yang mau dibelinya. Asalkan kualitas perhiasannya sudah terjamin, harga berapa saja yang dibandrol pasti bisa ditebus.

Mau tidak mau harga menjadi faktor penting bagi banyak konsumen untuk jadi membeli atau tidak sebuah berlian seperti yang diinginkannya. Oleh karena itu, sangat tepat jika informasi mengenai harga berlian perlu dicari. Tentu saja informasinya harus valid dan terpercaya sehingga dapat dijadikan sumber referensi terpercaya. Informasi perihal harga perhiasan yang valid hanya bisa diberikan oleh pihak penjual atau toko perhiasan yang sama-sama terpercaya.

Mengenal kualitas berlian untuk menaksir harganya

Kemungkinan ada berlian langka yang dijual di pasaran. Berlian langka yang dibandrol dengan harga tinggi, sehingga tidak sembarangan orang bisa melihat ataupun memegangnya langsung. Tidak menutup kemungkinan berlian tersebut sudah dijadikan perhiasan tertentu. Sang pemiliknya mau melepas berlian kesayangannya itu dengan harga yang fantastis.

diamonds1

Anda sebagai salah satu yang tertarik dengan berlian tentu penasaran dengan sejarah dari berlian yang bersangkutan. Pasalnya, semakin lama umur berlian tersebut  maka berbanding lurus dengan harga yang dibandrol. Apalagi jika berliannya mempunyai sejarah yang panjang dan menjadi bagan peristiwa penting. Oleh karenanya. harga berlian yang dibandrol oleh toko berlian begitu fantastis memang layak dan wajar. Hanya orang kaya saja bisa membeli dan memiliki berlian semacam itu.

Sebelum membelinya, tidak ada salahnya menyelidiki terlebih dulu terkait keaslian dan siapa yang menjualnya. Keaslian dari fisik berlian sudah bisa Anda praktikkan, seperti yang diuraikan di atas. Sementara untuk pemilik dan penjualnya, Anda bisa mencaritahu informasi sedetail mungkin dari berbagai sumber referensi. Misalnya, bertanya kepada orang yang mengenalinya, mencari dari buku atau majalah cincin kawin dan cincin berlian, hingga browsing di dunia maya dengan bantuan teknologi internet. Semua itu dilakukan agar Anda bisa mendapatkan batu mulia asli sepadan dengan harga berlian yang fantastis.

Jangan lupa, perhatikan juga ciri fisiknya

Ada beberapa ciri fisik yang juga berpengaruh dari harga bandrolannya. Perlu Anda ketahui bahwa Anda biasanya melihat berlian dengan warna bening berkilauan. Namun kenyataannya, berlian memiliki banyak warna. Warna bening berkilauan tersebut hanya satu dari sekian banyak warna yang dimiliki oleh berlian. Selain itu, berlian asli dan harganya mahal tidak akan berkabut dan selalu berwarna kemilauan. Cara pembuktiannya sebagai berikut. Coba hembuskan napas pada berlian tersebut. Jika kabut segera menghilang dengan cepat, sudah pasti berlian itu asli. Namun jika kabut menghilang cukup lama, bahkan hingga digosok-gosok dengan tangan. Sepertinya, berlian yang Anda pegang terbuat dari kaca alias abal-abal.

Fisik sebuah berlian memang bervariasi. Tergantung dari bentuk awal berlian tersebut dan siapa yang mendesainnya. Dalam arti, potongan atau pahatan bentuk berlian memang harus dilakukan secara simetris. Dengan begitu, bentuknya benar-benar bagus dan cantik saat dilihat. Hanya yang profesional dan berpengalaman saja mampu membedakan mana ciri fisik berlian berkualitas tigngi atau rendah. Selanjutnya, mereka dapat menaksir harga berlian tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s