Berlian asli pasti sangat ingin dimiliki banyak orang. Sebuah batu berlian dengan kualitasnya yang dijamin original. Harganya dibandrol cukup mahal karena sebanding dengan kualitas yang dihadirkan. Oleh karena itu, sangat beruntung orang yang memilikinya. Apalagi berlian tersebut termasuk yang langka keberadaannya di dunia. Anda sekalian sebagai konsumen dan ingin membeli perhiasan berlian, sudah seharusnya mampu membedakan mana yang asli dan yang palsu. Meskipun kenyataannya sulit, tetapi minimal Anda mendapatkan informasi yang valid. Siapa tahu informasi yang didapatkan bisa disebarluaskan atau dipraktikkan di lapangan.

Tidak dapat dipungkiri bahwa di luar sana ada oknum penjual berlian abal-abal. Dalam arti, berlian yang dijualnya berkualitas palsu atau abal-abal. Jangan sampai terjebak dengan membeli berlian palsu semacam itu. Anda pun perlu mengetahui ciri-ciri berlian asli seperti yang dijabarkan oleh toko cincin berlian berikut.

large-faux-diamond-its-reflection-black-background-against-mirror-below-65172629

Berlian memiliki banyak warna

Anda biasanya melihat berlian dengan warna bening berkilauan. Namun kenyataannya, berlian asli memiliki banyak warna. Warna bening berkilauan tersebut hanya satu dari sekian banyak warna yang dimiliki oleh berlian. Sementara itu, diketahui ada tiga warna berlian asli yang langka di bumi, yaitu pink (merah muda), kuning, dan biru. Memang tidak umum berlian memiliki salah satu dari ketiga warna tersebut sekarang. Oleh karena itulah, ketiga warna berlian itu sangat langka.

Berlian termasuk batuan keras

Perlu Anda ketahui bahwa berlian merupakan jenis batu paling keras di permukaan bumi. Bahkan, saking kerasnya berlian dapat menggores lapisan kaca dengan ketebalan tertentu hingga terpotong atau pecah. Oleh karena itu, Anda yang memiliki berlian sekarang dan cepat rusak hanya dengan benturan ringan. Sepertinya, perlu dipertanyakan lagi keaslian berlian tersebut.

Berlian tidak berkabut

Dalam arti, berlian asli tidak akan berkabut dan selalu berwarna kemilauan. Cara pembuktiannya sebagai berikut. Coba hembuskan napas pada berlian tersebut. Jika kabut segera menghilang dengan cepat, sudah pasti berlian itu asli. Namun jika kabut menghilang cukup lama, bahkan hingga digosok-gosok dengan tangan. Sepertinya, berlian yang Anda pegang terbuat dari kaca alias abal-abal.

Berlian menampilkan refleksi yang tidak jelas

Refleksi atau pencerminan berlian asli tidak jelas. Ciri berlian asli yang satu ini dapat Anda buktikan sendiri. Sebagai contoh, Anda menaruh berlian di atas sebuah buku dengan banyak tulisan. Jika refleksi kata-kata dari buku itu tidak jelas saat dilihat dari berlian, sangat mungkin perhiasan mahal itu asli. Namun jika sebaliknya, refleksinya sangat jelas hingga Anda dapat membaca kata-kata yang dipantulkan. Tidak menutup kemungkinan berlian tersebut palsu karena terbuat dari kaca yang dapat merefleksikan sempurna.

Berlian mengapung di air

Inilah cara membuktikan mana berlian asli dan palsu dengan cara mudah. Anda cukup memasukkannya ke dalam wadah berisi air tanah atau ledeng. Jika berlian tersebut mengapung berarti asli. Namun jika tenggelam, berarti berlian itu palsu. Hal itu dikarenakan berlian asli memiliki massa jenis kecil, dibanding batuan perhiasan lainnya. Anda pun jangan sampai terkecoh dengan trik penjual curang yang bisa menipu Anda. Penjual tersebut dapat mencampurkan beberapa berlian, lalu dimasukkan ke dalam air. Untuk lebih memastikannya lagi, silakan untuk memasukkannya satu per satu di dalam air. Dengan begitu, akan terlihat mana berlian asli dan mana yang palsu.

Berlian tahan panas

Berlian asli dapat menghilangkan panas dengan cepat, meskipun cukup lama dipanaskan. Berbeda dengan berlian palsu yang tidak tahan panas, bahkan pecah hingga meleleh. Silakan coba Anda buktikan sendiri di rumah. Namun demikian, sebaiknya Anda harus berhati-hati dan jangan sampai memanaskan dengan suhu cukup tinggi. Itulah salah satu ciri berlian asli.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s