Berapa harga berlian sekarang? Mungkin Anda sekalian banyak yang bertanya seperti itu. Namun sayangnya, sebagian besar tidak bertanya kepada pihak yang benar. Mereka bertanya pada diri sendiri sembari berangan-angan memakai perhiasan berlian. Atau mungkin, mereka menemukan pihak atau orang yang salah untuk menanyakan pertanyaan itu. Bukan mendapatkan jawaban yang tepat dan valid, tetapi malahan jawabannya menjerumuskan. Oleh karena itu, Anda sebagai masyarakat umum sekaligus konsumen harus ekstra hati-hati. Jangan sampai terkena tipu daya para oknum tak bertanggung jawab.

Pada awalnya, mereka begitu manis berkata kepada Anda dengan menjelaskan panjang lebar. Namun selanjutnya, sedikit demi sedikit mereka akan menjebak Anda agar mau membeli perhiasan berlian yang mereka jual. Paling apesnya lagi, Anda mau-maunya tertipu dengan membeli berlian palsu yang harganya masih dibandrol mahal. Agar tidak mengalami kejadian semacam itu, silakan menghubungi pihak toko perhiasan yang terpercaya. Mereka pasti akan memberikan informasi yang valid mengenai harga berlian. Selain itu, beragam perhiasan berlian ditawarkan dengan kualitas original.

Mengenal ciri fisik berlian untuk menentukan harga berlian

780561-archduke-joseph-diamond

Ada beberapa ciri fisik yang juga berpengaruh dari harga bandrolannya. Perlu Anda ketahui bahwa Anda biasanya melihat berlian dengan warna bening berkilauan. Namun kenyataannya, berlian memiliki banyak warna. Warna bening berkilauan tersebut hanya satu dari sekian banyak warna yang dimiliki oleh berlian. Selain itu, berlian asli dan harganya mahal tidak akan berkabut dan selalu berwarna kemilauan. Cara pembuktiannya sebagai berikut. Coba hembuskan napas pada berlian tersebut. Jika kabut segera menghilang dengan cepat, sudah pasti berlian itu asli. Namun jika kabut menghilang cukup lama, bahkan hingga digosok-gosok dengan tangan. Sepertinya, berlian yang Anda pegang terbuat dari kaca alias abal-abal.

Namun yang paling menarik, yaitu cara membuktikan mana berlian asli dan palsu dengan cara mudah. Anda cukup memasukkannya ke dalam wadah berisi air tanah atau ledeng. Jika berlian tersebut mengapung berarti asli. Namun jika tenggelam, berarti berlian itu palsu. Hal itu dikarenakan berlian asli memiliki massa jenis kecil, dibanding batuan perhiasan lainnya. Dikarenakan asli, maka harga berlian tersebut juga sangat tinggi.

Gali informasi sedalam mungkin tentang harga berlian yang akan dibeli

Kemungkinan ada berlian langka yang dijual d pasaran. Berlian langka yang dibandrol dengan harga tinggi, sehingga tidak sembarangan orang bisa melihat ataupun memegangnya langsung. Tidak menutup kemungkinan berlian tersebut sudah dijadikan perhiasan tertentu. Sang pemiliknya mau melepas berlian kesayangannya itu dengan harga yang fantastis.

Anda sebagai salah satu yang tertarik dengan berlian tentu penasaran dengan sejarah dari berlian yang bersangkutan. Pasalnya, semakin lama umur berlian tersebut  maka berbanding lurus dengan harga yang dibandrol. Apalagi jika berliannya mempunyai sejarah yang panjang dan menjadi bagan peristiwa penting. Oleh karenanya. harga berlian yang dibandrol begitu fantastis memang layak dan wajar. Hanya orang kaya saja bisa membeli dan memiliki berlian semacam itu.

Sebelum membelinya, tidak ada salahnya menyelidiki terlebih dulu terkait keaslian dan siapa yang menjualnya. Keaslian dari fisik berlian sudah bisa Anda praktikkan, seperti yang diuraikan di atas. Sementara untuk pemilik dan penjualnya, Anda bisa mencaritahu informasi sedetail mungkin dari berbagai sumber referensi. Misalnya, bertanya kepada orang yang mengenalinya, mencari dari buku atau majalah, hingga browsing di dunia maya dengan bantuan teknologi internet. Semua itu dilakukan agar Anda bisa mendapatkan batu mulia asli sepadan dengan harga berlian yang fantastis.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s